Senin, 03 November 2014

Filled Under:

JK "Jualan Sepatu" di Cibaduyut

Share
Beberapa waktu yang lalu saya dan ayah beserta rekan-rekannya menyempatkan diri untuk mengunjungi sentra sepatu di Cibaduyut, Bandung. Tujuannya cuma satu yaitu untuk berbelanja sepatu, yaiyalah.. hehe..

Tiap kali ke Cibaduyut saya pasti membawa ayah ke toko sepatu JK Collection, karena toko ini menyediakan sepatu dengan desain yang beragam, harga yang terjangkau serta karena keunikannya yang menggunakan akro- nim "JK" sebagai merk dagang (brand) sepatu. Menjadi unik karena brand tersebut menyerupai nama salah satu tokoh nasional, yaitu Bapak Jusuf Kalla atau yang akrab disapa Pak JK. 

Toko sepatu ini menyimpan banyak hal unik. Salah satunya karena disetiap sudut toko yang dihiasi oleh foto-foto Jusuf Kalla, bahkan ada salah satu foto yang memperlihatkan Pak JK sedang berpose dengan sepatu kulit produksi JK Collection.


image: http://kliksumbar.com/foto_berita/75sepatu.jpg

Kemudian muncul pertanyaan dibenak saya, apakah toko sepatu ini merupakan milik Pak JK? Lalu jika bukan, apa hubungannya beliau dengan toko sepatu ini?


image: http://images.detik.com/content/2013/11/23/4/150916_jkcollection.jpg


Setelah mengulik dibeberapa situs online dan juga setelah membaca informasi dari website resminya. Walhasil sayapun kemudian mendapatkan informasi sebagai berikut.


JK Collection ternyata adalah sebuah brand sepatu yang terinspirasi dari nama tokoh nasional, yaitu Bapak Jusuf Kalla. Nama JK Collection sendiri adalah sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada Bapak M. Jusuf Kalla yang telah memberikan dukungan terhadap sepatu produksi dalam negeri. 


Mau order desain3D Mudah dan Murah?
Klik tombol dibawah ini
Jusuf Kalla memang adalah orang yang sangat mencintai produk lokal. Ketika beliau menjabat sebagai wakil presiden pada masa pemerintahan SBY. Beliau dengan giatnya mengkampanyekan produk-produk sepatu buatan lokal, bahkan beliau acap kali merazia sepatu yang dikenakan oleh para menteri dan pengawalnya. Alhasil, kampanye tersebut terbukti dinilai sukses menambah minat masyarakat untuk menggunakan sepatu lokal. 



image: http://images.detik.com/content/2013/01/22/4/160056_jkdalem.jpg

Suatu ketika seorang koordinator pengrajin dan pengusaha sepatu Cibaduyut Adeng Sugianto menemui JK di kantornya, dia meminta izin kepada Jusuf Kalla untuk menggunakan inisial "JK" sebagai merk dagang.


Pertemuan itu kemudian membuahkan hasil. JK dengan ramah mengizinkan namanya untuk digunakan sebagai   "merk sepatu" dengan syarat kwalitasnya harus dijaga, "Jangan nanti orang pakai kakinya lecet-lecet. Nanti saya tidak enak," tambah beliau (red). Mengenai royalti beliau sama sekali tidak mempersoalkan hal tersebut, karena yang terpenting menurutnya adalah bagaimana ekonomi rakyat tumbuh sebaik-baiknya dengan cara mencintai produk dalam negeri. Beliau juga berjanji akan membeli sepatu tersebut dengan jumlah banyak dan akan dibagikan kepada pengawalnya di istana. 

Ya, itulah beberapa informasi yang saya dapatkan dari internet terkait sejarah JK Collection ini.

Bicara soal kualitas, JK Collection punya kualitas yg tak kalah saing dengan sepatu produksi luar negeri. Menurut pengamatan saya, sepatu yang diproduksi oleh JK Collection sangat bagus dan berkualitas. JK Collection juga menyediakan sepatu dengan desain, warna dan ukuran yang beragam serta yang paling penting adalah harganya yang sangat terjangkau.

Berikut beberapa contoh sepatu hasil produksi JK Collection:

image: Screenshot dari http://www.jkshoescollection.com/category/mens-shoes


Terkait soal marketing, JK Collection telah digunakan diberbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Dan berikut adalah beberapa data instansi yang sudah memakai produk sepatu JK Collection: 

Sepatu Dinas Perum ASDP, 
Sepatu Dinas Semen Tonasa, 
Sepatu PMI, 
Sepatu Perawat RSUP Hasan Sadikin Bandung, 
Sepatu Perawat RSUD Kuningan, 
Sepatu Perawat RSUD Cilegon, 
Southbank Café & Resto, 
Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Dedi Mizwar, 
Staff Sekretariat DPRD Kota Bandung.


Mau order desain3D Mudah dan Murah?
Klik tombol dibawah ini
Tips Belanja Murah Meriah di JK Collection:

Pertama

Daftarkan diri anda sebagai reseller, karena biasanya bagi reseller akan diberikan discount 15% yang berlaku untuk seumur hidup (asalkan akun anda diupdate terus). Cara untuk menjadi reseller sangatlah mudah, anda tinggal mendatangi JK Collection dan mendaftar disana. Pendaftaranpun tidak dipungut biaya apapun alias gratis!.

Kedua

Jika membeli secara berkelompok, satukan bon barang belanjaan anda. Karena biasanya jika membeli lebih dari 4 pasang akan diberikan bonus spesial.

Ya, demikianlah review saya tentang industri sepatu JK Collection. Jadi jangan merasa aneh lagi ya, kalau melihat ada toko sepatu bernama "JK". Karena sesungguhnya yg jualan sepatu disana bukanlah pak JK. hehe... Dan semoga dengan terpilihnya kembali beliau sebagai Wakil Presiden Indonesia, produk-produk lokal bisa terus jaya dan mampu bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

Source: 
http://www.jkshoescollection.com/about-us
http://andijosua.blogspot.com/2009/04/jk-collection-nama-saya-akan-menjadi.html

1 komentar: