Sabtu, 27 Desember 2014

Filled Under: ,

Ferrari Render Step By Step; By Yudya Pratidina

Share
Rendering adalah proses yang  menyebalkan namun terkadang juga menyenangkan. Menyebalkan ketika renderan yang sudah kita tunggu selama berjam-jam tiba-tiba corrupt atau laptop yang sedang digunakan tiba-tiba mati sendiri. Akan menyenangkan jika melihat hasil renderan sendiri yang lumayan bagus. Seperti ada kepuasan tersendiri gitu.. hehe...

Disini, saya ingin memperlihatkan tahapan-tahap rendering mobil ferrari yang saya kerjakan selama lebih kurang 5 jam. Sekedar informasi, model ferrari ini saya kerjakan dalam waktu lebih kurang 2 minggu.

Ok, mari langsung disimak satu persatu...

1. Wireframe

Disini model belum diberikan material alias masih polos dengan jaring-jaring seperti ini





2. Texturing

Ini adalah tahap memberikan warna dan tekstur pada model. Pengaturan pada material menentukan jenis material itu sendiri. Misalnya, material chrome akan lebih mengkilap ketimbang material doft.



3. Positioning

Sebelum dirender, pastikan kamera sudah dalam posisi yang diinginkan.


Mau order desain3D Mudah dan Murah?
Klik tombol dibawah ini
4. Rendering

Proses mengubah Model 3D menjadi sebuah gambar diam (still image). Ini adalah proses yang cukup lama, semakin realistis objeknya maka proses rendering juga akan semakin lama. Maaf, kalau gambarnya berbeda dengan yang diatas. Soalnya proses render gambar yang diatas tidak sempat saya screenshot. hehe....



5. Finishing atau Final Render

Hasil renderan biasanya  masih mentah atau disebut Raw Render. Oleh karena itu perlu diolah kembali mengguakan software photoshop atau yang sejenisnya. Saya sendiri lebih suka menggunakan software Lightroom dikolaborasikan dengan Adobe Photoshop, sehingga didapatlah gambar seperti ini:


Bagaimana?
Apakah teman-teman ingin membuat karya yang serupa?

Mau order desain3D Mudah dan Murah?
Klik tombol dibawah ini

0 komentar:

Posting Komentar