Senin, 29 September 2014

Filled Under:

5 Benda Yang Bentuknya Tidak Mungkin Diubah

Share
Untuk menambah kesan estetis atau agar menemukan varian baru, terkadang suatu benda atau produk perlu diubah desain atau bentuknya. Namun, adapula beberapa benda yang sudah paten alias desainnya tidak mungkin diubah sampai kapanpun juga. Benda-benda apa sajakah itu, mari kita simak satu persatu ya..

1. Peniti

Peniti ditemukan oleh Walter Hunt pada tahun 1849. Semenjak awal ditemukan sampai saat ini, desain, bentuk dan mekanisme peniti tidak pernah berubah sedikitpun juga.

- Desain peniti ketika pertama kali ditemukan:



image: http://www.sejarahkita.web.id/2010/11/sejarah-peniti.html

- Desain peniti saat ini:


Image: http://www.sejarahkita.web.id/2010/11/sejarah-peniti.html

2. Uang koin


Image: http://www.infobdg.com/v2/wp-content/uploads/2012/07/2003-indonesia-500-rupiah-copy.jpg

Uang logam atau uang koin pertama kali dibuat oleh bangsa Lydia pada abad ke-16. Uang koin terbuat dari logam anti karat. Semenjak awal ditemukan hingga saat ini, bentuk dan material yang digunakan pada uang koin tidak pernah berubah sedikitpun. Umumnya koin terbuat dari logam (besi, baja, aluminium, atau campuran) jarang kita dapatkan ada koin yang terbuat dari material selain logam semisal plastik, kertas, kain, dan sebagainya.

3. Kartu identitas (KTP/SIM)


image: https://farm9.staticflickr.com/8032/8069503412_51392dcb26.jpg

Kartu identitas adalah tanda pengenal yang wajib dibawa kemanapun kita pergi. Bentuk kartu identitas umumnya kotak. Maka, menurut hemat saya mustahil jika kita ingin mendesain dan merubah bentuknya menjadi bentuk yang lain semisal segitiga ataupun lingkaran.

4. Tutup botol


image: http://tutupbotol83.blogspot.com/2010/06/sejarah-tutup-botol.html


Asal-usul tutup botol kita kenal mulai tahun 1892 dengan dipatenkannya temuan ini oleh William Painter  (U.S. Patent 468,258)Painter datang dengan ide untuk menggunakan tutup satu kali pakai dengan lekukan dan gerigi yang ia disebut gerigi mahkota karena mirip mahkota Ratu Inggris. Jenis tutup botol masih digunakan secara luas hari ini oleh industri minuman botol.

Semenjak awal ditemukan hingga saat ini mekanisme dan bentuk tutup botol masih tetap sama. Bahkan nyaris hampir semua perusahaan minuman botol memiliki desain tutup botol yang serupa. Kalaupun ada yang diubah, paling hanya desain sticker atau visual yang menempel pada tutup botol tersebut.

5. Silet


image: merdeka.com


Pisau cukur atau silet adalah benda tajam berupa lempengan baja kecil dan tipis, biasanya bermata dua. Kata "silet" berasal dari nama dagang produk Gilette, yaitu nama belakang dari King Camp Gilette, pengusaha dari AS yang mencetuskan sistem pisau cukur sekali buang. Ia memulai praktik menjual alat cukur dengan murah kemudian mengambil keuntungan dari penjualan pisau cukur.
Pisau silet adalah pisau yang khusus digunakan untuk mencukur. Pisau Silet yang umum dijumpai berbentuk pisau tipis yang memiliki dua mata dalam dua sisi yang terbuat dari baja. Sampai saat ini, silet tidak pernah mengalami perubahan bentuk sedikitpun.

Demikian beberapa benda yang bentuknya tidak mungkin diubah sampai kapanpun juga. Jika ada tambahan dari teman-teman silahkan tulis dikolom komentar. Dan jika artikel ini bermanfaat dan teman-teman ingin menulisnya kembali jangan lupa sertakan sumbernya ya...

Referensi:
http://www.sejarahkita.web.id/2010/11/sejarah-peniti.html
http://tutupbotol83.blogspot.com/2010/06/sejarah-tutup-botol.html
http://springocean83.wordpress.com/2014/06/02/sejarah-uang-logam-dan-uang-kertas-di-dunia/
http://id.wikipedia.org/wiki/Pisau_cukur

0 komentar:

Posting Komentar