Rabu, 01 Oktober 2014

Filled Under:

Peneliti Telah Menemukan "Lensa Tembus Pandang" Yang Terbuat Dari Lensa Biasa

Share
photo credit: http://www.iflscience.com/physics/ordinary-lens-used-cloaking-device

Manusia menggunakan lensa untuk membelokkan cahaya dan memperbesar visual dari jarak jaruh dengan menggunakan teleskop, melihat benda-benda kecil dengan mikroskop, atau hanya untuk memperbaiki penglihatan normal melalui kacamata. Namun, sepasang peneliti telah menemukan cara untuk mengatur empat lensa yang dapat membuat objek dibelakangnya terlihat tembus pandang atau menghilang. Proyek ini dilakukan oleh   Joseph Choi dan John Howell di University of Rochester, dan pernah dimuat dalam jurnal Optics Express, dengan lampiran tersedia di arxiv.org.

"Sudah ada banyak pendekatan teknologi tinggi untuk membuat lensa ini dan membuat objek yang didepannya   seolah-olah tidak ada." kata Howell.

Uniknya lensa ini terbuat dari cermin biasa dan dapat dibuat dengan sangat mudah. Untuk membuatnya yang dibutuhkan adalah beberapa cermin, latar belakang dan sudut pandang yang tepat agar objek yang ada dibelakangnya terlihat seperti menghilang. Howell menjelaskan bahwa konfigurasi ini, memungkinkan objek untuk disembunyikan bila dilihat dari rentang 15 sudut. Selain menghilangkan benda-benda, lensa atau cermin ini juga dapat digunakan oleh supir "semi-truk" untuk melihat disekitar area blind spot mereka sehingga dapat mengurangi kecelakaan.

Rahasia dari perangkat lensa ini adalah cahaya yang masuk tidak langsung difokuskan pada pusat lensa, akan tetapi dibiaskan kearah lain sehingga membentuk seperti 'jubah' yang menutupi objek dibelakangnya.

photo credit: http://www.iflscience.com/physics/ordinary-lens-used-cloaking-device

Untuk membuat perangkat ini para ilmuwan sangat berhati-hati dalam menyusun lensa dengan jarak tertentu antara satu sama lain. Pengaturan ini memiliki efek yang berbeda beda tergantung sudut dari masing-masing cermin. Jika cermin atau lensa yang digunakan lebih   besar, perangkat bisa menyembunyikan hal-hal yang lebih besar. 

Langsung saja, mari kita lihat efek seperti apa yang dapat dihasilkan oleh perangkat lensa ini:





Berikut cara pembuatannya:



Download tutorialnya disini:
PDF

Sumber:
http://www.iflscience.com/physics/ordinary-lens-used-cloaking-device
(telah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh Yudya Pratidina)

0 komentar:

Posting Komentar