Kamis, 19 Maret 2015

Filled Under: ,

Belajar 3D dan Animasi ( Grup Facebook Berbahasa Indonesia Buat Belajar 3D dan Animasi )

Share
Ada berbagai cara gratis untuk belajar 3D dan animasi, salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial. Dimedia sosial kita bisa saling sharing dan tanya jawab soal 3D dan animasi, bahkan juga ada yang memberikan tutorial secara gratis.

Di Facebook saja misalnya, ada banyak grup yang isinya para master ilustrator 3D dan animasi yang notabenenya merupakan putera-puteri asli Indonesia.

Setidaknya saya mencatat ada 5 grup yang sangat direkomendasikan buat teman-teman semua. Namun, sebelum bergabung tentu saja teman-teman harus mempunyai akun facebook terlebih dahulu. Tapi masa sih hari gini ga punya akun facebook? ^_^

1. Blender Army Indonesia


Grup ini sangat direkomendasikan buat kamu yang menyukai software gratis, Blender. Tapi tunggu dulu,,, grup ini ga cuma buat para Blender Army saja, tetapi juga buat semua orang yang menyukai dunia 3D dan Animasi. Digrup ini kamu bisa menemukan referensi mengenai teknik atau cara membuat animasi dan berbagai metode-metodenya, bahkan tak jarang pula ada yang membagikan tutorial dan software gratis! Mantep ga tuh? hehe... 

Benefit yang lain, jika beruntung terkadang ada yang memberikan informasi mengenai lowongan kerja 3D dan Animasi. Tak jarang, studio animasi terkenal seperti MD Animation dan Dreamtoon Studio mencari animator terbaik mereka melalui grup ini. Siapa tahu kamu bisa direkrut sama mereka gara-gara gabung di grup ini? Ya ga?

Kalau kamu mau gabung di grup ini, langsung saja klik link officialnya dibawah ini:

https://www.facebook.com/groups/blenderarmy

2. Indonesia Animation Group


Grup ini tempat kumpulnya para master-master animasi dan ilustrator 3D dari seluruh pelosok nusantara. Disini kamu bisa bertanya dan berbagi informasi seputar dunia animasi dan 3D. Tak jarang pula, animator asal indonesia sekelas pixar memberikan tutorialnya secara gratis disini. Jadi, kalau kamu mau bertanya soal animasi lebih baik langsung bertanya kepada sumbernya.

Kunjungi grup official mereka dengan mengklik link dibawah ini:

https://www.facebook.com/groups/animasIIndonesia

3. Komunitas Solidworks Indonesia


Siapa yang tak kenal software Solidworks? Software yang sering digunakan dalam industrial design ini sangat digemari oleh para engineur ataupun desainer produk. Software ini direkomendasikan jika kamu mau membuat benda atau objek dengan tingkat kepresisian yang sangat tinggi. Para praktisi di industri yang menggunakan software solidworks sering berbagi ilmu mereka disini. Bahkan ada pula yang memberikan tutorial gratis. Selain itu kita juga bisa tanya-jawab dan membeli softwarenya di grup tersebut.

Bagi yang mau ikutan gabung, silahkan klik link dibawah ini:

https://www.facebook.com/groups/KomunitasSolidWorksIndonesia


4. Komunitas 3Ds Max Indonesia

Kamu pernah mengalami kesulitan ketika menggunakan 3Ds Max? Atau 3Ds Max-mu mengalami error? Silahkan tanyakan di grup ini. Ini adalah tempat berbagi ilmu dan saling pamer karya. Bahkan tak jarang pula ada yang memberikan link download 3Ds Max beserta keygennya secara gratis disini.. Waduh... ada-ada saja.. Tapi ambil hikmahnya saja, intinya disini tempatnya para 3D Artist dan Animator 3Ds Max Indonesia berkumpul. 

Berminat untuk gabung? Silahkan klik link dibawah ini:

https://www.facebook.com/groups/541288019259393

5. Indonesian 3D Artist


Dari namanya saja sudah ketahuan kalau grup ini adalah tempat "nongkrongnya" para 3D artist Indonesia. Ya, disini kita bisa share pengetahuan seputar dunia 3D dan animasi. Jika kamu beruntung kamu juga bisa mendapatkan proyek animasi dari grup ini.. hehe.. Ya, namanya juga rejeki. Tapi setidaknya dari grup ini kamu akan tahu banyak tentang dunia 3D dan Animasi di Indonesia.

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk bergabung di grup Indonesian 3D Artist:

https://www.facebook.com/groups/indonesian3d

Oh ya,, ada satu lagi dan ini sangat direkomendasikan buat kamu yang mau tahu lebih dalam mengenai dunia 3D dan animasi. Ini bukan grup facebook melainkan fanpage (fp). Di fp ini kamu bisa mendapatkan informasi secara up to date seputar dunia 3D dan Animasi. Kelebihan lainnya, kamu bisa minta tolong kepada adminnya untuk dibuatkan animasi dan 3D. Silahkan like fanpagenya dengan mengklik tautan dibawah ini:

https://www.facebook.com/dakoodesign

Ya, demikian tutorial singkat saya mengenai cara belajar 3D dan animasi di media sosial. Semoga bermanfaat.