Kamis, 19 Maret 2015

Filled Under: ,

Tutorial Displacement Mapping di 3Ds Max Agar Tekstur Lebih Realistis

Share


Bagi teman-teman yang menggunakan 3Ds Max, tentu tahu dong bagaimana caranya memberikan material atau tekstur ke objek 3d? Ya, proses texturing dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang dengan menggunakan metode mapping (memasukkan file berbentuk image kedalam objek) maupun dengan cara sculpting ataupun body painting. 

Namun, jika kita menggunakan metode mapping, tekstur yang dihasilkan kurang greget atau kurang menyerupai seperti aslinya. Sebagai contoh, saya pernah membuat aspal 
dengan menggunakan image yang menyerupai material aspal. Tetapi ketika di render, bump atau benjolan-benjolan pada aspal kurang muncul, terlihat sangat datar. 

Nah, ada satu cara untuk mengakalinya, yaitu dengan menggunakan metode Dispacement Mapping yang sedang kita bahas saat ini.

Displacement Mapping adalah teknik menggabungkan normal map + bump + invert normal map. Sehingga terjadi penumpukan map yang menyebabkan benjolan-benjolan (bump) pada suatu material akan lebih terlihat realistis. Sederhananya, dispacement mapping dapat dijelaskan seperti berikut ini:



Ya.. kira-kira teknik displacement mapping, seperti itulah penjelasannya...

Ok, langsung saja kita membahas tutorial displacement mapping di 3Ds Max, silahkan disimak videonya berikut ini:


Step by step:





Ini contoh karya saya yang menggunakan teknik displacement mapping:


image source: 
http://www.cgmeetup.net/home/displacement-mapping-in-3ds-max/
http://en.wikipedia.org/wiki/Displacement_mapping
arsip pribadi

0 komentar:

Posting Komentar