Senin, 03 Agustus 2015

Filled Under: ,

Cara Membuat Hologram Menggunakan Smartphone Dengan Peralatan Yang Sederhana

Share


Menurut wikipidea, holografi adalah teknik yang memungkinkan cahaya dari suatu benda yang tersebar direkam dan kemudian direkonstruksi sehingga objek seolah-olah berada pada posisi yang relatif sama dengan media rekaman yang direkam. 

Gambar berubah sesuai dengan posisi dan orientasi dari perubahan sistem pandangan dalam cara yang sama seperti saat objek itu masih ada, sehingga gambar yang direkam akan muncul secara tiga dimensi (3D) yang biasa disebut dengan hologram. Teknologi perekaman citra tiga dimensi ini menggunakan sinar murni (seperti laser). Setelah pemrosesan, penampakan benda akan terlihat berbeda-beda dari berbagai sudut. 

Hologram seringkali ditampilkan pada film-film fiksi ilmiah (sci-fi) holywood, seperti Iron Man, Transformer, Mission Impossible, Matrix, Terminator, dan lain-lain. Bahkan film Indonesia beberapa juga ada yang pernah menampilkan visualisasi teknologi hologram ini.

Namun, saat ini hologram bukan lagi isapan jempol belaka. Beberapa ilmuwan telah mencoba mewujudkan teknologi ini. Bahkan kamupun saat ini sudah bisa membuat hologram 3D dari benda-benda yang ada disekelilingmu. Mau tahu caranya? Simak Tutorialnya berikut ini:

Alat-Alat dan Bahan:

1. Kertas
2. Pisau Cutter
3. Bungkusan CD (CD Case Bekas) yang terbuat dari akrilik, kira2 penampakannya seperti ini:

4. Pulpen
5. Gunting
6. Smartphone (usahakan yang berlayar lebar, supaya efek hologramnya lebih realistis).
7. Download video animasi 3D dibawah ini:


Atau klik tulisan ini untuk mendownload video.


Cara Membuatnya:

1. Buatlah pola segitiga pancung pada permukaan kertas dengan ukuran 1 cm x 3,5 cm x 6 cm sebagai berikut: 




2. Tempelkan pola pada permukaan CD Case, kemudian gambarkan pola tersebut dan potong menggunakan cutter.






3. Buatlah segitiga pancung tersebut sebanyak 4 buah, kemudian rekatkan untuk membuat 'proyektor hologram.'






4. Atur brightness smartphonemu ke pengaturan yang paling maksimal. Kemudian putar video yang sudah kamu download tadi. Terakhir, letakkan proyektor hologram yang telah dibuat tepat berada ditengah-tengah gambar animasi yg sedang diputar tersebut:





5. Padamkan lampu disekitar ruanganmu, karena semakin rendah intensitas cahaya didalam ruangan maka efek hologram inipun semakin realistis, hasilnya bisa seperti ini:


Sebelum lampu dipadamkan

Setelah lampu dipadamkan


Jika kamu kesulitan untuk memahami tahapan pembuatannya. Kamu bisa melihat langkah-langkah pembuatannya pada video berikut ini:



Nah, begitulah cara membuat hologram sederhana dengan menggunakan peralatan yang sederhana pula. Saya sendiri sih sudah mencobanya dan berhasil. Semoga teman-teman juga berhasil mencoba membuat hologram ini ya? 

Bagi yang sudah berhasil tolong upload di facebook dan mention ke saya (FB saya: https://www.facebook.com/yudya.pratidina) dengan hashtag #mewithhologram.

Pembaca dengan gambar hologram terbaik akan saya posting di website ini...

Dan bagi teman-teman yang mau share artikel ini tolong sertakan sumbernya ya...

Ok, terima kasih....

Article and image source: https://www.youtube.com/watch?t=109&v=7YWTtCsvgvg