Jumat, 29 Juli 2016

Filled Under:

5 Fakta Seputar Aidil Komika SUCA Indosiar

Share


Biasanya saya menulis artikel tentang pendidikan, desain, atau animasi. Semuanya berbau serius. Maka, kali ini saya akan menulis sesuatu yang tidak terlalu serius tapi juga tidak sedang becanda. Tulisan pada artikel ini bermula dari transkrip chat rahasia berikut ini....  



Chat-nya rahasia makanya saya blur..

Oke, sudah cukup intronya....

Jadi begini, Aidil memang cukup populer dikalangan mahasiswa Indonesia. Sekarang popularitasnya kian meningkat setelah dirinya lolos audisi Standup Comedy Academy Indosiar (SUCA Indosiar). Belakangan banyak orang yang penasaran dengan sosok Aidil, kamu pasti juga salah satunya bukan? Kalau kamu mengklik artikel ini berarti kamu sama keponya seperti mereka tentang sosok komika yang menggabungkan komedi dan sulap ini. 

Sekitar setahun yang lalu, Aidil pernah menjadi Ketua Presiden Mahasiswa (PRESMA) BEM Telkom University dan dia juga merupakan salah satu anggota aktif BEM Seluruh Indonesia (BEM-SI). Aidil pernah menggebrak istana dan berhasil "mengkudeta" kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan yang membatasi masa kuliah maksimal selama 5 tahun. Kronologi kudeta dan detailnya bisa diakses melalui website pribadi Aidil. 

Saya pribadi mengenal Aidil sudah cukup lama. Alkisah, semenjak saya terpilih sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Desain Produk Telkom University, ketika itu Aidil ketua BEM-nya. Secara tidak sengaja, saya bertemu Aidil di ruang seminar setelah saya menyampaikan kata-kata sambutan didepan para mahasiswa desain produk, dosen, dan para tamu undangan.

Berkat promosi seorang teman, Aidil mengetahui kalau saya bisa sulap. Semenjak itu, pertemanan kami semakin akrab. Hingga berlanjut ke ranah sulap profesional. Aidil pernah menjadi manajer dan dia-lah satu diantara banyak teman yang berjasa dalam penitian karir sulap saya di Bandung.



Yang saya tahu, Aidil itu sosok yang sangat ramah dan enerjik. Terbukti bahwa pada saat pertama kali kami bertemu, Aidil-lah yang menghampiri saya duluan. Dia orang yang humoris meskipun beberapa bahasa becandaannya terdengar vulgar dan sarkas. Tapi, ya begitulah sosok Aidil yang saya kenal, apa adanya dan ramah.

Saya mengenal Aidil selama kuliah, saya mengikuti gerak-geriknya selama aktif sebagai aktivis kampus. Saya juga mengikuti perkembangan karir entertaint-nya. Jadi, saya kenal betul siapa Aidil. Maka, lima fakta berikut saya tulis secara nyata, tanpa rekayasa, dan mungkin beberapa diantaranya tidak pernah diekspos oleh media manapun.

Dan inilah V-Fact atau lima fakta seputar Aidil Standup Comedy Academy Indosiar:

1. Aidil Bercita-Cita Menjadi Presiden


Banyak yang mengira bahwa orang yang bernama lengkap Aidil Afdan Pananrang ini, memiliki cita cita terbesar yaitu ingin menjadi seorang entertainer, pesulap, komika, atau sejenisnya. Kalau kamu juga beranggapan sama, berarti kamu sudah terjebak di jalan yang dimurkai Allah SWT. hehe..

Cita-cita Aidil yang sebenarnya adalah menjadi Presiden. Hal itu bisa kita ketahui dari web pribadinya Aidil. Kalau kita mencari Aidil Afdan Pananrang di pencarian google. Maka, akan keluar website pribadi Aidil beserta tagline-nya: "AIDIL - Presiden Republik Indonesia Tahun 2034." 

Saking kepengennya dia menjadi presiden, Aidil masih aktif sebagai aktivis mahasiswa di HMI dan sampai saat ini belum wisuda. Jika kita main ke kosannya Aidil di dekat kampus Telkom University. Kita akan menemukan whiteboard yang bertuliskan beberapa upayanya menjadi presiden dan targetnya pada tahun 2034 tersebut. Visioner betul si Aidil ini...



2. Aidil Closeup Magician, bukan Illusionist apalagi Fakir Magician

Kalau kamu menganggap semua pesulap sama. Seperti para cewek menganggap semua cowok itu sama. Maka, kamu termasuk golongan orang-orang yang merugi. hehe...

Spesialisasi sulap Aidil adalah Closeup Magic, yaitu sebuah aliran sulap yang mengkhususkan permainan sulap dari jarak dekat. Baru tau kan sulap ada alirannya, tapi bukan seperti aliran dana suap Nazaruddin ke Andi Malaranggeng ya... Itu beda! Closeup magic itu seperti yang ditampilkan pada video dibawah ini.



Nah, karena jaraknya yang sangat dekat dengan audiens, maka seorang Closeup Magician tidak mungkin menggunakan properti besar ala Illusionist seperti David Copperfield. Selain itu, semua permainan sulap Aidil tergolong soft atau lembut serta mengandalkan kecepatan tangan. Maka dari itu, kalian jangan berharap Aidil akan bermain sulap Fakir atau debus, seperti; makan beling, digiling Storm Roller, kebal pedang, dibor hidup-hidup seperti yang saya lakukan, atau aksi berbahaya dan diluar nalar lainnya.

Meskipun demikian, dengan peralatan sederhananya itu pula-lah, Aidil bisa menarik simpati penonton hingga mengecoh juri Abdel di audisi SUCA Indosiar.



3. Aidil Ga Punya Cewek

Setau saya, Aidil ga punya cewe. Makanya dia rela menjadi aktor di siaran (not) reality show berjudul "Rumah Uya Trans TV." Di siaran itu, Aidil berakting seolah-olah ada masalah dengan pacarnya dan didramatisasi oleh umi dan Uya Kuya. (Ya setidaknya sekarang kalian tau kan kalau siaran "reality show" is not really reality).


Disitulah kedua kalinya Aidil muncul di Televisi Nasional. Sebelumnya, Aidil pernah muncul pada sebuah talkshow Kompas TV bersama ketua BEM lainnya se-Jawa Barat.

Tapi, kalau ternyata setelah membaca ini si Aidil punya cewek. Itu diluar tanggung jawab saya. Saya tidak akan menanggung segala sesuatu yang terjadi setelah artikel ini ditulis.



4. Ketika Aksi Bawa Mobil Dengan Mata Tertutup, Aidil Baru Belajar Nyetir Mobil




Masih ingat dengan aksi teatrikal Aidil membawa mobil dengan mata tertutup?

Ya, semasa menjadi aktivis di BEM. Aidil pernah melakukan demonstrasi membawa mobil dengan mata tertutup. Aksi itu seolah-olah menceritakan sesosok presiden yang terus membuat kebijakan tanpa melihat masukan dari rakyat.  Pada aksinya itu, Aidil berhasil membawa mobil dari Telkom University ke depan Gedung Sate dengan jarak sekitar 12 KM.

Tapi tahukah kamu bahwa ketika itu, Aidil baru banget belajar nyetir mobil. Hal ini saya dapat dari pengakuan temannya yang juga satu tim sulap bareng saya. Katanya, pada saat melakukan atraksi itu Aidil baru banget belajar nyetir mobil. Hal itu kemudian mendapatkan klarifikasi dari Aidil sendiri bahkan dia mengaku punya sim A dengan cara "nembak." Aduh...



5. Dan Ini Yang Paling Penting....

Nah, fakta ini yang paling penting. Mohon dicatat dengan baik.

Aidil Afdan Pananrang punya akun LINE, Instagram, dan Facebook dengan ribuan followers. Tapi gak ada apa-apanya dengan website ini. Karena menurut situs www.similarweb.com. Pada peringkat dunia, website Aidil masih kalah populer dengan website saya. Website pribadi saya berada pada peringkat dua juta-an, sementara website pribadi Aidil berada pada peringkat 12 juta. Seperti yang ditampilkan pada gambar dibawah ini.



Entah ini karena SEO-nya salah atau karena kontennya yang kurang bermutu. ehem.. Yang jelas Aidil kalah populer dengan saya, kalau di dunia maya. Sementara di dunia nyata, Aidil maha-populer dibandingkan saya.

Begitulah lima fakta tentang Aidil. Mengapa saya hanya menyadurkan lima fakta? Karena kalau kebanyakan bukan artikel namanya, tapi ghibah, dan itu dilarang oleh Allah SWT. Kalau mau mengenal Aidil lebih dekat, datangi saja kosannya di deket kampus Telkom University, Jalan Sukapura, No. xxxx. Ya, ga sedekat itu juga.

Cara paling sederhana, kalian follow berbagai akun officialnya di LINE, Instagram, Facebook, Snapchat, dan lain-lain. Cukup dengan mencari saja di google dengan kata kunci: "Aidil Afdan Pananrang." 

Terakhir, silahkan share berbagai info tentang aidil di media sosial kalian, serta mention ke akun Aidil dan @indosiarid untuk tetap mendukung Aidil. Siapa tau Aidil mau meng-endorse produk kalian secara gratis. Lumayan kan?

Demikian 5 Fakta seputar Aidil Komika SUCA Indosiar, kalau ada yang salah saya mohon maaf. Bagi teman-teman yang mau membagikan artikel ini silahkan sertakan sumbernya. Saya harap artikel ini bisa viral seperti yang sudah-sudah, dengan demikian Aidil bisa tetap melanjutkan audisinya di SUCA Indosiar dan meraih segala apa yang dicita-citakannya. Amiin Ya Rabbal Alamin...

Segala kritik dan saran, kirim ke email:
yudyapratidina91@gmail.com